• Bnews24, New York
  • 11/12/2019
0 Comments

Rabu Pagi 5 Desember 2018 berdiskusi dengan Prof Dr Gunawan Suryoputro , Rektor Baru Univ Muhammadiyah Prof Dr HAMKA yang baru di lantik tgl 30 November 2018 ini , beliau menuturkan Pentingnya Berbahasa yang baik untuk di ajarkan kepada anak.

“ Dosen saya yaitu Prof Suyoto waktu Saya kuliah S-3 pernah bercerita , Prof Suyoto punya anak bersama keluarganya yang tinggal di Hawai , cucunya lebih fasih berbahasa inggris dari pada bahasa indonesia , Prof Suyoto , meminta anaknya dan keluarganya untuk segera pulang ke Indonesia , beliau tidak mau keluarganya khususnya cucunya , yang keturunan Indonesia , tidak faham berbahasa indonesia dan bahasa jawa , bahasa leluhurnya “

Bahasa adalah Jati diri Jati diri kita sebagai Bangsa itu sekaligus juga menunjukkan keberadaan bangsa Indonesia di antara bangsa lain. Hal itu sejalan dengan semboyan yang selama ini kita kenal, yaitu “bahasa menunjukkan bangsa”.

Setiap bahasa pada dasarnya merupakan simbol jati diri penuturnya, begitu pula halnya dengan bahasa Indonesia juga merupakan simbol jati diri bangsa.

Mengajarkan Bahasa Asing untuk anak atau siswa adalah sangat baik , kita harus terus berupaya bagaimana Lulusan lulusan Sekolah Muhammadiyah , ketika lulus dapat menguasai lebih dari satu Bahasa asing , itu sangat bagus sekali.

Karena orang yang mempunyai kemampuan minimal 2 bahasa itu , hidupnya biasanya lebih sejahtera , misalnya dia menguasai bahasa ibunya ( indonesia ) dan 1 bahasa asing seperti bahasa inggris , lalu ada yang punya kemampuan multi bahasa ( lebih dari 3 bahasa ), seperti dapat menguasai bahasa Inggris dan bahasa Arab .

Banyak orang tua sampai guru di sekolah , salah kaprah mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak atau siswa di rumah maupun di sekolah .

Jangan Jadikan anak dan siswa menjadi orang Inggris , jadikanlah anak anak kita , orang Indonesia , yang faham dan sanggup berbahasa indonesia dengan baik , tapi juga dapat berkomunikasi dengan bahasa inggris dengan bangsa bangsa lain.

Penulis: Noor Fajar Asa, FKIP UHAMKA

Author

imamp@ymail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *